2018 Komputer akan miliki 5 indera manusia

2018 Komputer akan miliki 5 indera manusia

Teknologi komputer akan selalu berkembang tanpa stagnasi. Bahkan di masa depan komputer memiliki kemampuan setara kelima indra manusia.

Hal ini diungkapkan salah satu pengembang teknologi komputer terbesar di dunia, IBM, dalam sebuah daftar inovasi teknologi masa depan yang mereka buat. Dalam daftar tersebut IBM menyatakan komputer pada setengah dekade ke depan mampu menerima input perasa, sentuhan dan bau. IBM menyatakan perkembangan tersebut sebagai era sistem kognitif dan akan menimbulkan sebuah cara baru dalam berinteraksi dengan komputer.

"Komputer generasi baru ini akan mampu belajar, beradaptasi dan merasakan" tulis IBM dalam sebuah dokumen.

Perkembangan tersebut dapat memberikan hal baru bagi dunia industri komersial.

Peneliti di IBM saat ini mengembangkan teknologi layar smartphone yang mampu menirukan tekstur dari kain. Hal ini oleh industri dapat dimanfaatkan sebagai sarana periklanan agar pengguna smartphone mampu merasakan jenis kain dari baju yang akan mereka beli secara online.

IBM juga memperkirakan, komputer masa depan mampu mengenali suatu gambar tanpa perlu adanya tag seperti komputer masa kini. Komputer masa depan diperkirakan juga mampu mengenali berbagai atribut seperti warna atau pola tekstur pada gambar.

Dalam hal bau, komputer membutuhkan suatu sensor yang mampu mengubah data fisik bau ke dalam bentuk digital. Data digital dari bau ini lah yang mampu dikembangkan menjadi berbagai aplikasi.

Semua perkembangan tersebut IBM ramalkan mampu diperoleh dalam waktu lima tahun. Hal ini berarti komputer pada 2018 telah memiliki segala kemampuan di atas.

Bagaimana pendapat Anda, apakah waktu lima tahun cukup untuk mengembangkan komputer pada level yang baru?

Sumber: http://www.merdeka.com/teknologi/komputer-akan-miliki-5-indera-manusia.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Video] Jika lalat Twitter-an

Anonymous: Negara Zionis itu pengecut!

Seorang ABG Bunuh Diri karena Naruto